Wawasan Pemasaran Jasa Keuangan: Kompas Pemasaran

 Apa yang sekarang kita sebut "pemasaran" dimulai jauh sebelum nama itu diciptakan. Pada pertengahan 1800-an, penjual keliling mengenakan "minyak ular" dan tonik lainnya dalam kemasan mewah dan memuji kebajikan mereka kepada masyarakat yang mudah tertipu. Aplikasi pemasaran baru segera berkembang dengan keyakinan bahwa pemasaran dapat membuat banyak hal baru menjadi mungkin dalam hampir semua situasi bisnis. Selama lebih dari satu abad, implementasi, pengalaman, dan akhirnya strategi telah membantu pemasaran berkembang dari awal yang kasar menjadi praktik canggih saat ini.  

Perusahaan produk konsumen telah menjadi pelopor dalam bidang pemasaran dan telah memimpin sebagai pencipta praktik terbaik pemasaran. Sementara teknik pemasaran yang canggih telah melahirkan raksasa konsumen, sebagian besar perusahaan jasa keuangan harus diseret, ditendang dan berteriak, ke era pemasaran yang canggih.  

Negara yang Memajukan Pemasaran Layanan Keuangan 

Namun, pemasaran jasa keuangan telah berkembang pesat selama dekade terakhir. Akibatnya, sifat fungsi pemasaran di perusahaan jasa keuangan sedang mengalami modifikasi dramatis karena lebih banyak perhatian diberikan pada proses yang didorong oleh pemasaran yang berdampak pada seluruh perusahaan. Pengamatan kami menunjukkan bahwa organisasi jasa keuangan yang lebih progresif saat ini sedang melalui transisi intelektual dan praktis yang memaksa pemeriksaan ulang peran pemasaran dalam perusahaan mereka. Banyak yang mulai menyadari bahwa tanggung jawab pemasaran keuangan mencakup tidak hanya mengembangkan pernyataan misi perusahaan dan pesan-pesan utama, tetapi juga mendefinisikan fokus bisnisnya, diferensiasi yang relevan, keunggulan kompetitif, dan proposisi nilai. 

Namun, pada saat yang sama, sejumlah direktur pemasaran jasa keuangan harus terlibat dalam pertempuran jangka panjang dengan departemen lain sebelum mereka dapat menerapkan inisiatif pemasaran keuangan yang layak yang akan membantu mempercepat pencapaian tujuan perusahaan. Di banyak organisasi keuangan, masalah yang terus-menerus membedakan pemasaran keuangan dari penjualan sebagian besar masih belum terselesaikan. Selain itu, beberapa direktur pemasaran jasa keuangan masih harus meminta dukungan manajemen yang substansial hanya untuk menjaga keseimbangan dan mendapatkan kesempatan untuk mencapai tujuan yang bahkan terbatas.  

Berfokus pada Pelanggan 

Peter Drucker, seorang bijak dari disiplin pemasaran keuangan, membahas nilai pasti pelanggan hampir 50 tahun yang lalu. Selama dekade terakhir konsepnya tentang fokus pelanggan-sentris telah menjadi bagian dari literatur pemasaran populer dan sekarang menjadi prinsip panduan pemasaran keuangan. Mandat mendasar Drucker bahwa 'kepentingan pelanggan harus didahulukan' dapat diringkas dengan pernyataan berikut yang diparafrasekan dari tulisannya yang luas : 

 

Satu-satunya definisi tujuan bisnis yang valid adalah menciptakan pelanggan. 

Apa yang menurut bisnis diproduksi tidak sepenting apa yang menurut pelanggan mereka beli; apa yang dianggap pelanggan sebagai nilai sangat menentukan. 

Setiap bisnis hanya memiliki dua fungsi dasar: pemasaran dan inovasi. 

Pemasaran adalah seluruh bisnis Anda seperti yang terlihat dari sudut pandang pelanggan. 

 

Meskipun mudah diartikulasikan, praktik yang berpusat pada pelanggan sulit diterapkan di sebagian besar organisasi layanan keuangan. Hambatan termasuk mentalitas produk-dorong yang berlaku, fokus pada profitabilitas jangka pendek, kurang investasi dalam kegiatan pemasaran keuangan, dan kurangnya kecerdasan pasar yang kuat tentang kebutuhan dan keinginan pasar sasaran. Kami percaya, bagaimanapun, bahwa di masa depan organisasi pemasaran layanan keuangan yang paling sukses adalah mereka yang menjadikan prinsip-prinsip Drucker sebagai milik mereka melalui ekstrapolasi, adaptasi, dan aplikasi kreatif. Ketika pemasaran keuangan yang efektif berkembang menjadi kegiatan lintas-fungsional, multi-disiplin, perusahaan yang sukses akan menciptakan budaya orientasi pelanggan di seluruh organisasi dan memasukkan advokasi untuk kesejahteraan pelanggan dalam semua pengambilan keputusan perusahaan. 

Dengan industri jasa keuangan saat ini sedang mengalami transformasi, tantangan manajemen adalah untuk memberikan kepemimpinan untuk menggantikan status quo dan menciptakan budaya peluang. Adaptor awal yang menerapkan konsep "pemasaran terintegrasi" berdasarkan organisasi tidak hanya akan mengembangkan budaya yang berorientasi pelanggan, tetapi juga menciptakan peluang untuk inovasi, peningkatan kinerja, dan peningkatan profitabilitas.